Skip to content

Review Novel “Dunia Sophie”

1 Februari 2015
tags: ,

Judul: Dunia Sophie

Penulis: Joestein Gaarder

Penerbit: Mizan

Tebal: 780

Ingin belajar filsafat ?, bacalah novel cantik ini. Begitulah kira kira komentar dari Prof. Frans Magnis Suseno (penulis buku Etika Jawa). Novel ini memang bisa dijadikan sebagai rujukan bagi siapa saja yang ingin mempelajari filsafat, karena pelajaran filsafat dari novel ini lebih mudah dicerna bahasanya dan lebih menarik, karena disajikan dalam bentuk novel. Dalam novel ini diceritakan sosok gadis kecil beranama Sophie yang mulai tertarik belajar filsafat semenjak menemukan surat misterius, yang bertuliskan “siapakah dirimu ?”, disinilah petualangan filsafat Sophie dimulai.

Dalam novel ini disajikan secara runtut ajaran filsafat yang berkembang, berdasarkan periodisasinya. Pada bagian pertama kita akan diajak mengenal filsafat alam, kemudian filsafat klasik, pertengahan, renaisance (kebingkitan), zaman Barok, pencerahan dan terakhir pada masa modern.

Pada bagian filsafat alam kita akan diperkenalkan oleh Thales, yang menyatakan semua kehidupan berasal dari air, kemudian Anaximender, sampai Democritus sebagai filsuf alam yang terakhir. Pada era filsafat klasik nama nama tidak asing dari filsafat kita juga akan temui mulai dari Socrates, Plato, dan Aristoteles. Dan meloncat pada baian Akhir dari pelajaran filsafat yang akan kita dapatkan, yaitu pada masa modern. Pada masa modern kita akan diperkenalakan Sigmund Freud tokoh psikoanalisis (meskipun sebenarnya dia anti dengan pemikiran filosofis, seperti yang dikatakan langsung dalam bukunya yang berjudul ” Memperkenalkan Psikoanalisis”), Charles Darwin, Nietzsche dan Jean Paul Sartre .

Sebagai penutup review singkat ini, ada kutipan kalimat menarik dari Goethe yang saya dapatkan dari novel ini yaitu:

Orang yang tidak belajar dari kehidupan 3000 tahun yang lalu, berarti dia hidup tidak menggunakan akalnya”

Sumber Gambar: http://mymilkyway.blogdetik.com

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: